Kuliner Bandung Ini Wajib Kamu Cicipi Ketika Sedang Liburan Disana Lho

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi pilihan destinasi bagi warga Jakarta disamping bogor lho.

Hal ini karena Bandung memiliki jarak yang tidak terlalu jauh, dan masih bisa ditempuh dengan motor ataupun mobil.

Kota yang satu ini juga dikenal dengan banyaknya tempat wisata yang bisa kamu datangi, tetapi dismaping itu Bandung juga memiliki surga kulinernya lho.

Ada banyak sekali makanan khas Bandung seperti seblak, nasi tutug, oncom, nasi timbel ,dan masih banyak lagi yang bisa kamu coba.

Sebagai ibukota dari Jawa Arat, membuat Bandung juga seperti Jakarta yang dimana kota ini selalu memiliki kehidupan.

Wisata kuiner yang terdapat di Bandung memiliki julukan sebagai Paris Van Java atau PVJ, nama ini sangat keren bukan.

Disana terdapt banyak makanan yang bisa kamu coba mulai dari olahan tradisonal ingga modern dengan mudahnya kamu temui.

Kuliner yang lezat itu juga dibantu dengan masyarakatnya yang kreativ dan juga inovatif sehingga membuat Bandung memiliki banyak sekali kuliiner.

Bahkan, hebatnya makanan tradisional disana juga disulap dengan rasa yang mewah dan membuatnya bersaing dengan kuliner modern disana.

1. Baso Tahu Tulen

Baso Tahu Tulen

Kata baso bagi sebagian orang sama dengan bakso, namun di Bandung dua kata itu berbeda dari segi arti, karena bakso adalah makanan berkuah sedangkan baso tahu adalah tahu yang berisi daging ikan giling.

Sebenarnya baso tahu punya artian lebih luas lagi, karena dalam satu porsi baso tahu akan merujuk pada makanan berupa tahu isi daging, siomay, dan bumbu kacang sebagai bumbunya.

Dalam satu porsinya juga kerap ada tambahan lain berupa telur rebus, kentang rebus, kol, dan pare.

Sedangkan pemberian bumbu kacang dimaksudkan agar baso tahu memiliki rasa pedas, karena bumbu kacangnya dirancang lebih pedas daripada makanan khas Bandung yang pedas berupa siomay pada umumnya.

Di Bandung sendiri, ada yang namanya Baso Tahu Tulen, walaupun mirip dengan baso tahu lain, namun produsen yang satu ini memiliki perbedaan rasa yang cukup menonjol.

Penggunaan daging ikan yang lebih banyak daripada tepung dalam isian baso tahu membuat rasa ikannya sangat kuat terasa. Belum lagi kacang dari bumbunya dibuat tidak terlalu halus, sehingga rasa kacang lebih terasa di mulut.

Dalam satu porsi lengkapnya, warung dengan alamat Jl. Situ Indah No. 4 Pagarsih Barat tersebut hanya membanderol harga Rp. 3.500 saja. Selagi menunggu antrian untuk menikmati makanan satu ini, kalian dapat bermain game slot online terbaik di handphone kalian.

Tempat lain untuk bisa mendapatkannya ada di cabang tokonya, yakni Jl. Setiabudi, Jl. Sadewa, Jl. Buah Batu, dan Rest Area Tol Pasteur.

2. Surabi

Surabi

Surabi sudah sangat melekat dengan Kota Kembang, walaupun di berbagai daerah seperti Surakarta juga memiliki olahan tersebut

Panganan dengan nama lain serabi tersebut merupakan olahan yang dibuat dengan bahan baku berupa tepung beras yang dimasak dengan tungku.

Normalnya, surabi akan disajikan dengan rasa manis karena dicampur bersama kuah gulanya, walaupun kini telah banyak produsen-produsen yang menawarkan topping baru.

Mengingat surabi yang baru jadi memiliki rasa tawar, membuatnya akan menjadi pasangan yang klop bila digabung dengan aneka toppingnya yang memiliki aneka rasa

Salah satu yang menawarkan surabi dengan topping memukau adalah rumah makan dengan nama Surabi EnHaI (NHI)

Penggunaan nama enhai sendiri didapat dari letaknya yang ada di Jl. Setiabudi No. 137 dan di depannya tepat ada Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) atau dulunya dikenal dengan nama National Hotal Institute (NHI).

Selain rasa original, di sana disediakan pula rasa oreo, jagung, strawberry, nangka, pisang, susu, cokelat, es krim, keju, pisang, dan durian.

Dan yang lebih unik lagi ada juga surabi ayam, sosis, kornet, hingga telur yang dibanderol mulai 9 ribu sampai 20 ribu rupiah saja.

Nah, kira-kira itulah makanan khas Bandung yang bisa kamu coba, semoga artikel ini bisa berguna dan juga bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi soal kuliner ya.

Sekian dan terima kasih.